Rabu, Juli 11, 2012

Iklan, Kebutuhan dan Pengetahuan Masyarakat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita dalam kehidupan sehari-hari selalu dipenuhi dan dikelilingi dengan iklan, iklan merupakan cara produsen dalam menyampaikan maksud dan tujuannya kepada masyarakat/konsumen. Ada beragam cara yang digunakan produsen dalam beriklan demi memasarkan atau meningkatkan awareness produknya, dan kita semua tidak bisa lepas begitu saja dari serbuan iklan-iklan tersebut.

Beberapa diantara kita mungkin akan merasa terganggu dengan iklan-iklan yang ada, baik itu iklan media cetak maupun media elektronik seperti televisi dan radio, namun tidak dapat dihindari bahwa beberapa iklan atau kebanyakan iklan justru memberi informasi kepada masyarakat tentang hal-hal baru yang sebelumnya tidak diketahui, walaupun sebenarnya mereka “jualan”.

Informasi inilah yang bisa menjadi edukasi bagi masyarakat tentang sesuatu hal, disinilah iklan berperan sebagai pemberi informasi yang sebenarnya menciptakan kebutuhan baru bagi konsumen, beberapa tahun lalu saya pribadi tidak kenal dengan istilah antioksidan, ion tubuh, osteoporosis dan masih banyak istilah-istilah baru yang muncul demi meng-edukasi masyarakat dan menjual produk.

Penciptaan kebutuhan baru kepada konsumen oleh produsen ini sah-sah saja selama tidak ada kebohongan publik, baik dalam materi iklan maupun dalam produk yang dijual dan tidak melanggar etika periklanan. Disini iklan berperan untuk menciptakan kesadaran atas penemuan-penemuan baru.

Sebagai contoh, dulu kita tidak pernah tahu tentang antioksidan, sekarang ada produk antioksidan untuk menjaga kekebalan tubuh. Begitu juga tentang osteoporosis, tahun 1990an tidak ada yang pernah tahu tentang itu, sekarang ada produk yang mampu mencegah osteoporosis, keduanya baik itu produk antioksidan dan osteoporosis berujung menjadi begitu penting bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mencegah osteoporosis (tulang keropos).

Seiring dengan dirasa pentingnya produk tersebut, maka berhasil pulalah produsan dalam mengiklankan produk-produknya. Berhasil dalam menciptakan kebutuhan, dan berhasil dalam menambah pengetahuan masyarakat.(Rn/SAUJ)

--
english version, kurang lebih dalam english seperti dibawah ini. mohon dikoreksi sekiranya ada yang salah :p

Advertising, Needs and Public Knowledge.

Created by Reno Syafrudin

Can not to be denied that our life is always filled and surrounded with advertising. Advertising is the way of manufacturers in delivering the aims and objectives to the public/consumers. There are various methods that used by producers in advertising, marketing or increase awareness of its products, and we all just can not escape from the invasion of such ads.

Some of you might be bothered by the ads there, whether it is print media advertising or electronic media such as television and radio, but it is inevitable that some or most of the ads instead ads informing the public about the new things that were not previously known, although they are actually "selling".

This information could be educating the public about something; this is where the ads serves as a conduit of information that actually creates new needs for customers. Several years ago I personally did not familiar with the term antioxidant, ion body, osteoporosis and many new terms that arised for the public to educate and sell the product.

The creation of new needs to the customer by the manufacturer is fine as long as no public lies, both in advertising materials as well as the products sold and does not violate the ethics of advertising. Here ads plays to create awareness of new discoveries.

For example, at the first we never know about antioxidants, there are now products of antioxidants to maintain immunity. So also on osteoporosis, 1990s no one ever knows about it, now there are products that can prevent osteoporosis. That both the antioxidant and osteoporosis resulted product is so important for people to maintain health and prevent osteoporosis (osteoporosis).

Along with the perceived importance of these products, the success is also the manufacturer in advertising its products. Successful in creating demand and increasing knowledge of people.



Share

1 comments:

A&K mengatakan...

sekarang ini malah iklan jadi bahan hiburan,, karena makin kreatif...

#blogwalking siang

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting