Kamis, November 03, 2011

Membuat Intro Blog dengan Flash

Sebenarnya artikel ini nemunya di http://cyber-benyo.blogspot.com setelah mondar mandir di warung google.

Pertama, niat kita untuk membuat halaman intro ini pinginnya lewat Website gratisan atau buat sendiri. walaupun saya bisa flash, tapi kok malas ya bikinnya, apalagi klu ada yang gratisan.. hihi. Kebetulan ada nih penyedia webpage intro flash gratisan. yaitu http://www.flashfair.com/ . Setelah masuk, kalian pilih saja "Free Flash Intro Pages", ada banyak pilihan intro flash disana, silahkan pilih sesuka hati, mumpung gratis, setelah dilihat-lihat dengan tombol view, silahkan download bila sudah ketemu yang pas.

Sebagai contoh, saya suka ama flash yang bernama "flying text" (Sesuai dengan intro flash yang saya pakai di Blog ini). Jadi saya download aja.
Setelah didownload, rupanya filenya masih dalam bentuk zip. Jadi, kalian extract dulu ke folder lain. Abis itu kalian buka deh folder yang tadi. (^_^). Isi foldernya rupanya lumayan banyak.

Tapi ga usah ngurusin semuanya. Kita cuma butuh file ".swf" ama "flying_text". Sekarang yang harusnya kita lakukan adalah membuka file "flying_text" dengan Notepad. Setelah terbuka, akan muncul tulisan seperti ini di editor Notepad...

sedikit nih dijelasin maksud dari tulisan itu :
&varURL= Kalian isi dengan URL Website/Blog kalian (Bisa alamat asli ataupun alamat hasil redirect URL dari penyedia URL Forwading Anda)
&text1= Kata-kata yang pertama yang pingin kalian tampilan (Begitu seterusnya sampai &text3)
&url= Isi dengan alamat ASLI Website/Blog kalian. misal : http://nine2eleven.blogspot.com/
Setelah kalian edit semua, kita langsung aja menuju Website penyedia hosting yang kalian suka, kebetulan saya menggunakan jasa www.bravehost.com
Setelah kalian login, kalian Upload file "flying_text" atau mungkin kalau yang kalian pilih bukan flash flying text, ya kalian Upload aja file ".txt" yang isinya hampir sama dengan "flying_text". Terus kalian Upload juga file ".swf" nya. Abis itu kalian copy URL file ".swf" nya.

Sekarang baru masuk ke penyedia URL Forwading kalian. Misal aku pilih http://www.co.cc/. Setelah daftar dan login, masuk ke "set up". Terus kalian akan ketemu halaman seperti ini..

Pilih pilihan "3. URL Forwarding" setelah diklik, muncul kotak yang tulisannya "Redirect to(URL)", dan lain-lain. Kalian isi kotak "Redirect to(URL)" itu dengan URL flash kalian yang tadi kalian copy. Inget, disitu udah ada tulisannya "http://" kan ?? Jadi kalau alamat yang kalian copy tadi ada tulisannya "http://" juga, ya kalian hapus aja. Untuk masalah "Page Title" dan segala macam yang ada disitu, mungkin kalian udah pada ngerti.
Sekarang sudah selesai deh perjuangan kita. Coba sekarang tulis URL Forwarding kalian di Browser kalian. misal : http://nine2eleven.co.cc/ . Jika bisa terbuka, Jadi setting kalian udah "Completed" semua. (^_^)
Sekian dulu ya !
Semoga Bermanfaat !!

Share

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting