Senin, April 25, 2011

Fenomena Youtube, Media dan Popularitas Orang Awam

kembali negeri kita melahirkan seorang bintang baru yang berasal dari sebuah propinsi kecil di Sulawesi, Gorontalo propinsi yang terbilang masih sangat muda tersebut merupakan tanah kelahiran dari seorang Briptu Norman yang mendadak tenar karena tarian bollywoodnya yang berjudul chaiya-chaiya dan di unggah di situs youtube.

berikut video tersebut



Pertama kali melihat video tersebut di sebuah forum di internet, jujur saya memang merasa terhibur dengan tingkah kocak seorang aparat yang bisa-bisanya melakukan hal yang mungkin terlihat konyol karena dia seorang aparat yang sedang bertugas, apalagi sampai diunggah ke situs youtube yang notabene bisa diakses oleh seluruh penduduk dunia, tidak ada kesan kalau briptu norman akan se-tenar sekarang ini ketika saya menyaksikan video-nya tersebut untuk pertama kali.

Salah seorang teman di facebook rupanya mempublish video tersebut, itulah kedua kalinya saya melihat video Norman.

Keesokan harinya video tersebut sudah muncul di berita TV, saya bertanya dalam hati "apa sebenarnya yang pantas diberitakan dari sebuah video konyol itu sampai-sampai masuk ke stasiun TV berita?" ah.. mungkin ini cuma sekedar hiburan, dan paling besok juga sudah gk ada.

Alangkah beruntungnya Briptu Norman karena videonya tersebut menjadi bahan berita infotainment selama hampir 2 minggu full, dari pagi sampai malam semua berita infotainment di setiap stasiun TV pasti menayangkan video "Chaiya-chaiya"tersebut, bahkan sang Briptu di undang di beberapa talk show, bahkan dengar-dengar ada yang menawari dia 1 miliar untuk rekaman beberapa lagu.

Infotaiment tak henti-hentinya memberitakan tentang sang Briptu bahkan sampai ke Gorontalo untuk meliput kehidupan Briptu Norman sehari-hari.

Dan sekarang Briptu Norman dihadapkan pada dua pilihan, tetap mengabdi melayani masyarakat sebagai aparat atau menghibur masyarakat sebagai entertainer?

Hal serupa pernah terjadi dengan kasus Sinta dan Jojo yang juga terkenal lewat videonya dalam lagu "Keong Racun" yang juga diunggah di youtube.



Dalam kasus ini timbul pertanyaan : "siapakah yang membuat Briptu Norman menjadi tenar seperti sekarang ini? Media-kah? kebutuhan masyarakat akan hiburan-kah? atau dari sang briptu itu sendiri?"

Saya tiba-tiba terpikir untuk membuat video serupa atau mungkin dengan konsep yang berbeda agar bisa terkenal, mungkin nanti.



Share

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting